Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pentingnya Motivasi Hidup Sehat

Berita Militer
Thursday, June 11, 2020 Last Updated 2020-06-12T07:52:04Z
Pentingnya Motivasi Hidup Sehat , Motivasi hidup sehat dapat diartikan dengan hidup tidak sakit. Definisi sehat sendiri berarti tidak sakit, tidak sakit secara fisik maupun mental.

Memang bukan sesuatu yang bisa diukur menggunakan parameter apapun karena sifatnya yang abstrak. Untuk menjalankan hidup sehat bisa dilakukan dengan menjalankan beberapa aktivitas fisik yang dampaknya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Pentingnya Motivasi Hidup Sehat
Hidup sehat secara fisik termasuk ke dalam salah satu dari 6 dimensi wellness lifestyle. Wellness lifestyle sendiri mulai berkembang sejak tahun 1970-an oleh Dr. Bill Hettler, pendiri National Wellness Institute yang bergerak dan berfokus terhadap kesehatan serta kesejahteraan sesama manusia melalui 6 dimensi yaitu: fisik, spiritual, emosional, intelektual, sosial, serta pekerjaan.

Pentingnya untuk manusia saling memotivasi hidup sehat bagi diri sendiri maupun orang di sekitarnya adalah untuk kesehatan fisik. Hidup yang sehat akan berdampak pada fisik yang sehat. Belakangan ini kesehatan mental juga menjadi bahan obrolan yang kerap diperbincangkan, entah itu di dunia nyata maupun di sosial media. Selain kesehatan secara mental, nyatanya pola hidup sehat yang berasal dari motivasi untuk hidup secara sehat juga penting.

“Mensana Incorepore” yang artinya “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Itu sebabnya sehat saling berkaitan dengan beberapa hal lain seperti 6 dimensi menurut Wellness Lifestyle. Sehat secara lahir dan batin. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah motivasi hidup sehat, karena dampaknya akan bisa dirasakan sampai usia tua nanti.

Dampak Motivasi Hidup Sehat

Pernahkah Anda mengikuti seminar tentang motivasi? Entah itu motivasi dalam hidup, menjalani hidup, atau motivasi-motivasi lainnya. Hal tersebut merupakan salah satu dari teknik berbicara secara persuasif. Sebuah usaha untuk memengaruhi orang lain agar berpikir dan bertindak positif setelah mendengarkan motivasi tersebut.

Sebagaimana motivator yang memberikan kalimat-kalimat indah kepada peserta seminar, mereka sendiri bukan tidak mungkin akan mengalami kendala ketika memotivasi diri sendiri. Oleh sebab itu, sehat secara fisik dan jasmani saja tidaklah cukup. Manusia perlu sehat luar dan dalam. Lalu apa yang bisa diambil dari pentingnya motivasi hidup sehat?

1. Menjaga Pikiran untuk selalu Positif

Tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang memotivasi dirinya untuk selalu hidup sehat akan selalu menjaga pikirannya juga agar selalu berpikir secara positif. Pikiran yang selalu positif akan berpengaruh terhadap kesehatan mental, selanjutnya kesehatan mental dapat berpengaruh terhadap tindakan fisik yang dijalankan oleh manusia. Sebagaimana sistem kerja otak manusia yang terdiri dari otak besar dan otak kecil. Di mana otak kecil berperan pada pengendalian koordinasi motoric dan pergerakan otot pada manusia.

2. Mengontrol Pikiran

Dampak motivasi hidup sehat pada kontrol pikiran akan memengaruhi sistem kerja otak manusia. Ketika mendengar atau membaca motivasi hidup sehat yang ditangkap oleh indera penglihatan atau pendengaran, sistem syaraf akan meneruskan ke otak kecil yang selanjutkan akan diteruskan ke anggota gerak tubuh manusia.

3. Menjaga Pola Hidup Sehat

Setelah mendapat motivasi hidup sehat dari diri sendiri maupun dari orang lain, pola pikir akan langsung bergerak untuk melakukan beberapa hal yang bisaa dijadikan sebagai kegiatan dalam hidup sehat. Contohnya olahraga. Ketika sudah termotivasi untuk hidup sehat, Anda akan rutin berolahraga (pola hidup sehat secara fisik). Yang akan diimbangi juga dengan pola makan, menjaga kesehatan mental, dan lain-lain.

Olahraga Teratur untuk Hidup Sehat

Olahraga memang menjadi satu kegiatan yang digadang-gadang mampu membuat hidup lebih sehat. Sistem tubuh manusia yang secara teratur digunakan untuk berolahraga meski hanya olahraga ringan seperti bersepeda juga membawa dampak positif bagi tubuh seseorang.

Kuncinya adalah “teratur”. Anda bisa memilih jenis olahraga apa yang bisa dilakukan minimal 30 menit dalam sehari. Berikut beberapa jenis olahraga ringan yang dapat Anda lakukan untuk membantu pola hidup sehat

1. Bersepeda

Meski terlihat santai dan sepele, namun kegiatan bersepeda dapat mencegah penyakit kardiovaskular, selain itu dapat memperkuat otot tubuh dan meningkatkan mobilitas utamanya pada anggota gerak bawah. Bersepeda dengan santai secara rutin dengan kecepatan dan jarak yang sudah ditetapkan sebelumnya akan membantu tubuh tetap terjaga kesehatannya dengan baik. Utamanya bagi mereka yang memiliki masalah pada persendian, bersepeda dapat memberikan manfaat baik untuk tulang.

Selain mencegah penyakit kardiovaskular dan membantu memperbaiki kesehatan tulang, bersepeda juga dapat mengurangi kecemasan dan rasa depresi yang mengarah pada kesehatan mental. Bersepeda dengan santai dapat membakar 272 kalori. Jika Anda seorang yang menginginkan diet sehat secara praktis, langkah ini dapat Anda gunakan untuk membakar kalori dari total keseluruhan kalori yang dibutuhkan manusia setiap harinya.

2. Berlari

Berlari juga dapat membantu memelihara kesehatan kardiovaskular agar tetap terjaga dengan baik. Sebelum berlari alangkah lebih baik melakukan pemanasan ringan untuk membantu pelemasan otot-otot kaki. Kalori yang dibakar ketika berlari juga dapat dijadikan program kegiatan diet Anda. Bagi Anda yang menginginkan berat badan ideal, berlari dapat Anda masukkan dalam kegiatan olahraga rutinan setiap pagi maupun sore.

Selain rutin setiap hari, berapa kalori yang dibakar dapat ditentukan dari jumlah jarak tempuh dan kecepatan yang Anda gunakan saat berlari. Rumus sederhana yang digunakan mayoritas orang adalah per 1 kilometer jarak tempuh berlari dapat membakar 60 kalori. Jika Anda berlari selama 15 menit dengan jarak tempuh 1,5 kilometer, Anda sudah membakar sebanyak 90 kalori dalam tubuh.

3. Skipping

Olahraga yang satu ini selain melatih kekuatan otot juga melatih konsentrasi dan ketepatan. Olahraga ringan yang mampu membakar lemak, meningkatkan kesehatan jantung juga kekuatan tulang. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan di awal agar tidak mengalami cedera atau kekakuan pada otot.

Pada beberapa orang pengaruh motivasi hidup sehat akan berlangsung pada saat itu juga namun intensitasnya tidak berlangsung lama, ada juga yang terus termotivasi sampai kurang memperhatikan dampak lainnya.

Misalnya seseorang yang ingin menciptakan berat badan ideal, termotivasi untuk melakukan olahraga rutin setiap hari. Karena ingin cepat mendapatkan hasil yang diinginkan, ia pun menambah intensitas olahraganya dengan ekstra, padahal berolahraga secara berlebihan juga kurang baik bagi kesehatan.

Karenanya lebih baik olahraga dilakukan dengan intensitas yang sederhana dan ringan-ringan saja namun pelaksanaannya rutin. Bandingkan jika berolahraga seminggu 5 kali dengan intensitas yang sederhana dengan berolahraga seminggu sekali dengan intensitas yang ekstra.

Bukan malah hidup sehat yang didapat namun tubuh yang kelelahan karena dipaksa bekerja secara ekstra. Konsep dari Wellness Lifestyle sesuai dengan motivasi hidup sehat dapat diterapkan secara sederhana melalui olahraga ringan (seperti contoh) setiap 3-5 kali dalam seminggu sambil tetap memperhatikan pola kesehatan dari 5 dimensi lainnya dari Wellness Lifestyle.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda tentang wellnes of style, serta dapat mempraktekkannya bersama-sama untuk hidup lebih baik dan seimbang.
Komentar

Tampilkan

  • Pentingnya Motivasi Hidup Sehat
  • 0

Berita Terbaru